Hal-hal yg dapat membatalkan ibadah Puasa


berikut ini ane mau berbagi ilmu yg ane dapatkan dari guru ane tentang apa-apa yg dapat membatalkan ibadah puasa.

1. Masuknya sesuatu benda ke dalam tubuh.
Masuknya suatu benda ke dalam tubuh seperti makanan, minuman, ataupun yg lainnya, atau masuk kejaringan otak seperti obat yg dimasukkan melalui hidung maka akan membatalkan puasanya.
Dan juga akan membatalkan puasanya jika benda tersebut masuk melalui lubang-lubang yg terbuka seperti mulut, telinga, hidung, dubur dan lain-lain.

Akan tetapi jika hal tersebut masuk melewati lobang-lobang selain itu tidak membatalkan puasanya, seperti suatu benda yg masuk ke kelopak mata, termasuk memakai obat tetes mata, dan juga masuknya air lewat pori-pori.

Dan jika masuknya suatu benda ke dalam tubuh karena lupa atau dipaksa seseorang yg mengancam keselamatan dirinya, maka tidak membatalkan puasanya.

2. Bersetubuh.
Bersetubuh di siang bulan ramadhan akan membatalkan puasanya.

Yg dimaksud bersetubuh disini adalah masuknya “zakar” ke dalam “vagina” seorang wanita, baik itu istrinya sendiri ataupun bukan istrinya, mengalami orgasme atau tidak, sebentar atau lama, maka batal lah puasa keduanya, kecuali dilakukannya karena lupa, atau dipaksa yg akan mengancam keselamatan dirinya.

3. Haid dan Nifas
jika seorang wanita yg berpuasa, kemudian keluar darah haid atau nifas sebelum terbenamnya matahari hari itu (waktu buka), maka batallah puasanya, walaupun darah yg keluar hanya sedikit.

4. Melahirkan.
Jika pada saat berpuasa seorang wanita melahirkan, maka batal lah puasanya, baik anak yg dilahirkan sempurna atau keguguran, dan walaupun baru berupa segumpal darah.

5. Sengaja memuntahkan sesuatu dari perut.
Berusaha memuntahkan sesuatu dari dalam perut saat berpuasa sangat dilarang, dan apabila keluar sesuatu dari dalam perut dari usaha tersebut, maka batallah puasanya.

Lain halnya jika keluarnya sesuatu dari dalam perut karena tidak disengaja, seperti sakit atau mabuk perjalanan, maka tidak membatalkan puasanya, akan tetapi ia wajib berkumur-kumur sehingga sisa muntahannya tidak masuk lagi ke dalam perut.

6. Istimna'
istimna’ ialah berusaha mengeluarkan air mani (sperma) dgn cara onani/masturbasi, baik dgn tangannya sendiri ataupun dgn tangan orang lain, dgn alat atau tidak.
Begitu pula jika keluarnya karena berciuman atau berpelukan, maka batallah puasanya.

Akan tetapi tidak batal puasanya jika yg keluar hanya air “madzi”, juga tidak batal pula jika keluarnya mani disebakan karna ihtilam (mimpi).

7. Murtad.
Batallah puasanya Orang yg murtad, walaupun hanya sebentar lalu ia mengucapkan 2 kalimat syahadat lagi.

Baik murtadnya dgn perkataan seperti mencela ALLAH, dgn pekerjaan seperti menyembah berhala, ataupun dgn niat, seperti niat akan keluar dari Islam.

8. Gila
apabila seorang yg berpuasa tiba-tiba gila, maka batallah puasanya, walaupun hanya sebentar. Akan tetapi ia tidak wajib men-qodho’ puasanya.

Dan apabila ia sadar sebelum matahari terbenam di hari itu, maka ia disunnahkan untuk “imsyak” atau menahan diri dari apa-apa yg membatalkan puasa, dan disunnahkan men-qodho puasanya.

9. Pingsan atau mabuk
Pingsan dan mabuk termasuk pekerjaan yg membatalkan puasa, asalkan terjadi sepanjang hari, ya itu dari mulai terbitnya fajar shodiq sampai werbenamnya matahari.

Akan tetapi jika seseorang tidur dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari, maka tidak lah batal puasanya.
————————
dinukil dari kitab : “SUDAH SAHKAH PUASA ANDA ?” Karangan Ustadz Saggaf Hasan Baharun,
S.HI.
Pemimpin yayasan Pondok Pesantren
Darullughoh Wadda’wah.

Iklan

38 comments

  1. dwisty

    Brai..klo menurutmu gmn ni?gosok gigi pd saat berpuasa itu hanya makruh atau membatalkan puasanya.pastanya ada rasanya yg bisa dirasakan oleh mulut kita.tp aku lum pernah klo gosok gigi membatalkan puasa dan cuma makruh saja.
    Pengalamanku pas kesiangan bangunnya jd gak sahur terus gosok gigi saat mandi.

  2. syechan baraqbah

    begini bro,, gosok gigi saat berpuasa tidak membatalkan puasa, asal qta bisa menjaga pasta gigi untuk tdidak masuk ke dalam tenggorokan,

    tapi, jika kita ragu dan takut akan masuknya pasta gigi ke tenggorokan kita, lebih baik qta gosok gigi tanpa pasta gigi, atau tidak gosok gigi sama sekali.

    Hikmah dari makruhnya menggosok gigi adalah dgn menggosok gigi bau mulut akan hilang, sehingga kita tidak termasuk dalam doa nabi Muhammad SAW.
    لخوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك. (رواه البخارى)
    “sungguh bau mulut orang yg sedang berpuasa lebih harum di sisi ALLAH dari bau minyak misik.”

    mudah2an sedikit dari jawaban ane bisa membantu ente bro,,

  3. dwisty

    Ya bener brai..klo bau mulut saat berpuasa itu fii ‘ainillah bagaikan minyak kasturi.emang si didalam keraguan sebenarnya tdk dinilai oleh allah seharusnya mengerjakan sesuatu harus dgn niat dan keyakinan tanpa mamang sedikit pun.thanks brai…jawabannya bisa membantuku.

  4. syechan baraqbah

    setelah ane tanyakan, hukum mengorek hidung sama dgn mengorek kuping,keduanya dapat membatalkan puasa, baik dgn jari ataupun dgn cotton buds.

    Akan tetapi jika telinga atau hidung merasa sakit, dan tidak akan terasa nyaman jika tidak memakai obat yg dimasukkan kedalamnya, yg mana dgn itu akan mengurangi atau menyembuhkan rasa sakit itu,(karna telah terbukti dan atas petunjuk dokter), maka diperbolehkan dan puasanya tetap menjadi sah, dikarenakan dalam keadaan darurat.

    N.B.
    Jika itu sakit, bukan karena gatal atau banyak upil.

  5. mcahyo

    maaf nih numpang nanya. tapi bukan soal ramadhan. bro ean download cfw 5230 nya di mana ya? minta link nya dong.

  6. Awan

    bro yg bner ja klo ngupil ama ngorek kuping bsa btalin puasa kita.
    Lah gua stiap hri bsa ngupil n ngorek kuping gmna dong sob.

  7. Irfan Handi

    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H.

    “MINAL AIDIN WALFAIZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.”

  8. R 15 KY 13 4GV 5

    numpang nanya ya, kalau tidur dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari, itu termasuk hal-hal yang…puasa ? JAWAB YA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • syechan baraqbah

      Kalo tidur dr terbit fjar smpai terbenam ny matahari tidak membatalkan puasa, akan tetapi membatalkan pahala puasa, seperti yg dikatakan oleh nabi Muhammad SAW.

      كم من صائم ليس من صيامه إلا جوع والعطس.

      Berapa banyak org yg berpuasa tp yg dia dpatkan tidak lebih dri lapar dan haus.

  9. fulanisme

    Syukron beb, masalahnya kuping ini tiap abis wudhu pasti guatell.. harus sabar deh ngorek2nya 😛

    • syechan baraqbah

      Nangis mah ga batalin puasa asal air mata yg ngalir ke mulut ga dijilat, Ħèëé=D˚•‧::‧•‎ ​‎​‎​˚ћèé=D˚•‧::‧•‎​‎​‎​˚Ħèëé=D

      tp nangis bisa menghilangkan pahala puasa loh,, karena sebagian besar orang nangis itu gara2 marah, emosi, dan tidak sabar akan terjadinya sesuatu kepada ny, nangis seperti ini yg bsa mengurangi pahala puasa, tp tetep puasa nya ga batal.

      Tp kalo nangis nya gara2 lg ngupas/ngiris bawang, itu sih ga masalah,coz ga ada sangkut paut nya ma emosi & kesabaran.

  10. nike nurjana

    mf nie sblum y mau tnya low seorang wanita beronani tnpa mlakukan hubungan suami istri batal gak puasanya? tl0ng dijwab y

    • syechan baraqbah

      Ga masalah ya akhy, puasa nya ga batal, tapi pahala puasa nya aja yg hilang, sehingga yg kita dapatkan hanyalah rasa haus dan lapar.

      Semoga bermanfaat bagi anda dan saya khususnya,
      Wassalam.

  11. Nadia

    Mas,permisi… Mau tdnya kalo puasa,tiba” kuping ato hidung Qt gatel. Trz Qt garuk krna g nyaman,dapat membatalkan puasa ga? Teruz,kalo misal Qt wudhu air yg mengalir masuk ke mulut,hidung,telinga jg bs membatalkan puasa ga? Pdhl air itu kan benda. Trimakasih 🙂

    • syechan baraqbah

      Kalo hidung & telinga gatel, kayaknya ga mungkin digaruk, paling digimanain gitu, susah jelasin nya, tp yg pasti bukan digaruk.

      Lain halnya kalo hidung/telinga terasa sakit dan mengganggu. dan akan hilang rasa sakit itu bila dimasukkan obat, dan atas petunjuk dokter, maka diperbolehkan dikarenakan darurat.

      Soal air wudhu.

      dibulan puasa, kita dianjurkan agar seadanya saja saat berkumur2, memasukkan air, mengusap telinga, dikarenakan memungkinkan air masuk ke dalam rongga THT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s