Rahasia khusyu’ dalam sholat


RAHASIA KHYUSU DALAM SHOLAT
habib mundzir dlm perjalanan ke monokrawe.jpg

Seorang ahli ibadah bernama Isam bin
Yusuf, dia sangat warak dan sangat
khusyuk solatnya. Namun dia selalu khawati kalau-kalau ibadahnya kurang khusyuk dan
selalu bertanya kepada orang yang dianggapnya lebih ibadahnya, demi untuk
memperbaiki dirinya yang selalu dirasakan
kurang khusyuk.

Pada suatu hari, Isam menghadiri majlis pengajian
seorang abid bernama Hatim Al-Isam dan
bertanya :
“Wahai Aba Abdurrahman, bagaimanakah caranya tuan solat?”
Hatim
berkata :
“Apabila masuk waktu solat aku
berwudhu’ zahir dan batin.”

Isam bertanya,
“Bagaimana wudhu’ zhahir dan
batin itu?”
Hatim berkata,
“Wudhu’ zahir
sebagaimana biasa, yaitu membasuh semua anggota wudhu’ dengan air. Sementara
wudhu’ batin ialah membasuh anggota
dengan tujuh perkara :


1. Bertaubat

2. Menyesali dosa yang dilakukan
3. Tidak tergila-gilakan dunia

4. Tidak mencari/mengharap pujian orang
(riya’)

5. Tinggalkan sifat berbangga

6. Tinggalkan sifat khianat dan menipu

7. Meninggalkan sifat dengki”
Seterusnya Hatim berkata, “Kemudian aku
pergi ke masjid, aku kemaskan semua
anggotaku dan menghadap kiblat.
Aku
berdiri dengan penuh kewaspadaan dan aku
bayangkan Allah s.w.t. ada di hadapanku.

syurga di sebelah kananku,
neraka di sebelah kiriku,
malaikat maut berada di
belakangku,
dan aku bayangkan pula bahawa
aku seolah-olah berdiri di atas titian
‘Sirratul Mustaqim,
dan aku menganggap
bahwa solatku kali ini adalah solat
terakhirku,
kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik.

Setiap bacaan dan doa dalam solat
, kufahami maknanya, kemudian aku ruku’ dan
sujud dengan tawadhu’, aku bertasyahhud
dengan penuh pengharapan dan aku memberi
salam dengan ikhlas. Beginilah aku bersolat selama 30 tahun.”

saat Isam mendengar itu,
menangislah dia kerana membayangkan
ibadahnya yang kurang baik bila
dibandingkan dengan Hatim.

foto : Habib Mundzir bin Fuad Al-Musawwa dan rombongan
(salah satu ulama di jakarta saat dalam perjalanan dakwah ke pedalaman "kota injil" Manokwari )

sumber

28 Komentar

thx bro ean buat postingannya,,😀

mas bro Q mau tnya kok kalo aq pake
tema efek,masuk ke galeri malah
kembali ke menu, kadang malah
ngehang,gimana tuh?

ga tw bro,, ane jg kayak gtu, he..

Super sekali.

yoi bro.. Super duper..

ooo, jadi kesimpulanya, bekerjalah seakan besokkita masih harus hidup dan beribadahlah seakan besok kita sudah tidak lagi hidup. wew, makasih ya!🙂

ageng : maaf, perasaan ane, ga ada kata berkerja di postingan ini..

Runa : sip..

itu kan perumpamaan saja, maksudnya biar bagian beribadahnya lebihnmaknyus gitu loh. tapi jadinya malah ga nyambung ya… haha

ente aja yg ga nymbung, hahaha.. Lam kenak geng..

hahahahah,,
Si igo bisa aja ngeles nya..

bener one,, ngeles aja tuh..

Tp koq ente nyempil,, kayak upil, hahaha..

Nyempil=nyelinap(bhsa asli amerika neh)

whahahahahahah,,
Iyaa ya, kok gue maen nyempil gtu aja ya,,
#bingung7menit

Btw, tuh ada 3 font sambung di blog one,
Mudah2an ente ada yg suka

langsung ke sana..

Ijin download n dpraktekkan sob

mangstab..

dyka : silahkan bro..

Inuel : sip..

menyimak dengan tertib ah

hahaha, ngel

angga : jgn nakal ya
Ageng : knpa geng?
Ikky : ada ky..

bro, i’m back..
hahahahah

Im jg kombek bro. Request tema mu ada disini http://dykas60v5.wordpress.com/2011/05/25/app-stop-close-semua-aplikasi-mu-dengan-sekali-klik/
lht komentx n ikuti linkx (lmyn bt nambah visitor) wkwkwkwk pintar skali y dyka ini.

Td udah, tp lum bnyak koment, ke tkp lg ah..

salken, nice post…. Lanjutkan postingan islaminya. oiya klo ada kesempatan mampir di gubug ane ya masbro🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: